Tuesday, June 9, 2015

UV LED Teknologi Masa Depan Digital Printing

UV LED

Teknologi UV dalam mesin cetak digital format lebar (wide format printer) memang masih terdengar sayup-sayup di Indonesia. Bahkan dikalangan industrinya sendiri teknologi ini belum terlalu populer. Teknologi ini umumnya ada pada mesin cetak digital flatbed. Padahal kalau melihat perkembangannya, teknologi UV digital printing merupakan yang tercepat dalam industri cetak format lebar. Diperkirakan sudah ada sekitar 10.000 buah mesin cetak format lebar yang digunakan di seluruh dunia.
Menurut IT Strategies, hardware UV curable jumlahnya telah mencapai 1/3 dari semua printer format lebar yang dibeli pada 2010.  Pencetakan dengan teknologi UV pada pritner format lebar sudah cukup mapan dandiperkirakan akan tumbuh 9% pertahun hingga 2014. Alasannya, karena teknologi UV ini memungkinkan mencetak pada berbagai bahan. Ujungnya akan lebih banyak aplikasi yang bisa dibuat dengan adanya teknologi ini.
Keunggulan lain dari teknologi UV adalah, tinta akan tetap cair sebelum terkena sinar UV. Ini akan membuat inkjet nozzle akan tetap terbuka, sehingga akan mengurangi kebutuhan akan pemeliharaan. Konsumsi tinta akan lebih irit dan meningkatkan waktu utilisasi dibandingkan tinta solvent.
Selama ini teknologi UV memang masih terlalu mahal. Alat yang digunakan untuk menghasilkan sinar UV adalah lampu arc. Walaupun banyak kelebihannya, lampu arc ini juga mempunyai beberapa kelemahan.  Saat ini sudah dimulai pengembangan teknologi UV ini dengan lampu UV LED yang lebih efisien.  Bagaimana perbandingan antara teknologi LED dan lampu arc? Hambatan  apa yang yang masih mengganjal implementasi teknologi ini pada printer format lebar dan kapan berbagai hambatan ini akan teratasi?
Dalam beberapa tahun ke depan, kita berharap akan terjadi perubahan besar pada industri digital printing. Perubahan dalam hal aplikasi dan biaya operasional yang lebih efisien pada sebuah printer dan mesin itu nantinya akan mudah  dioperasikan.

Lampu  Arc vs Lampu  UV LED

Industri UV digital wide-format printing telah tumbuh dengan menggunakan teknologi lampu arc. Sinar yang dihasilkan dari lampu ini mempunyai spektrum yang luas; dari deep UV, sinar yang tampak dan sinar infra merah. Padahal hanya  sinar UV-lah yang digunakan untuk pengeringan tinta.  Reflektor optik digunakan untuk mengumpulkan sebanyak mungkin sinar yang kemudian diarahkan langsung ke bahan (substrate). Semua ini terjadi pada temperatur lebih dari 1000 F, dan sudah tentu menimbulkan efek panas dalam prosesnya.
Lampu arc merupakan  lampu standar yang saat ini  digunakan untuk menghasiklan sinar UV. Luasnya spektrum sinar UV yang dihasilkan menyebabkan tinta kimia mudah diaplikasikan pada bahan apa saja dan gampang keringnya. Ini adalah teknologi yang tepercaya dan telah diterima baik oleh pasar. Namun, lampu arc membutuhkan persyaratan tertentu pada desain  mesin dan dan tidak bisa sembarang bahan bisa dicetak pada mesin ini, tetutama bahanyang tidak tahan panas. Mengapa? Karena  ia menghasilkan suhu yang sangat panas, sampai 1000 F. Panas ini kemudian ditransfer ke bahan, dan akan menjadi masalah bila bahan tesebut tidak tahan panas. Lampu arc  yang  mempunyai daya besar, -yang biasanya dipasang pada printer grand format-  menghasiklan zat ozon yang sangat berbahaya bagi kesehatan, untuk itu diperlukan ventilasi khusus pada ruangan pada tempat mesih tersebut.

Lampu UV LED

A Light Emitting Diode (LED) adalah bahan semikonduktor yang mengubah listrik menjadi sinar. Teknologi LED dikembangkan pada tahun ’60-an, tidak lama setalah ditemukannya transistor.  Awalnya digunakan untuk indukator atau pencayahaan  dengan daya rendah. Sekarang teknologi ini sudah mulai digunakan dalan beragam aplikasi, banyak digunakan pada bidang yang lebih spesifik  seperti  untuk pengeringan tinta dan pencahayaan khusus yang membutuhkan keterangan  yang tinggi.
Lampu UV LED mempunyai banyak keunggulan dibandingkan lampu arc. Pertama dan ini yang paling penting, spektrum sinarnya  terkonsentrasi dan lebih sempit. Spektrum yang sempit ini memberikan keuntungan yaitu cool cure, pengeringan yang tidak membuthkan panas yang tinggi.
Karena spektrum optiknya dibatasi hanya pada sinar UV, yang memang dibutuhkan  untuk pengeringan, energi listrik yang dibutuhkan menjadi lebih sedikit dibandingkan lampu arc. Panas yang dihasilkan tidaklah sespanas lampu arc. Karena secara keseluruhan panas yang dihasilkan lampu LED lebih rendah, berefek pula pada lebih ringkasnya desain mesin.

Keunggulan UV LED

Keunggulan lain dari lampu UV LED ini adalah umur pakai yang lebih tinggi lima kali dibadingkan lampu arc. Artinya biaya kepelimikan mesin dengan teknoligi ini lebih rendah. Disamping itu, memungkinkan  juga untuk mengganti atau memasang kembali lampu LED tersebut dengan sangat cepat. Output optik LED juga bisa diatur dengan berbagai signal elektrik dan bisa dikontrol secara elektronik pula.  Dengan demikian tenaga mekanik akan bisa diminimalkan. Desain mesin juga bisa lebih sederhana dan, tentunya, meningkatkan produktifitas. Lampu LED  juga lebih ramah lingkungan dibandingkan lampu arc.
Walaupun begitu, bukan  bertarti tidak ada kekurangan pada lampu LED yang harus diatasi agar bisa  digunakan untk aplikasi yang lebih luas.  Kekurangan lampu UV LED yang sekaligus sebagai kekuatan adalah spektrum emisi yang sempit. Spektrum sinar UV yang lebar seringkali dibutuhkan oleh tinta digital konvensional untuk memperoleh pengeringan yang bagus. Tinta ini memang sudah disesuaikan dengan spektrum merkuri yang lebih luas. Untuk tinta lama, spektrum terbatas dari lampu LED bisa menyebabkan masalah, seperti pengeringan yang kurang sempurna yang berakibat jeleknya daya rekat. Tinta yang lebih baru sudah disempurnakan untuk mengatasi masalah di atas, maka kekurangan pada lampu UV LED ini sudah teratasi.

Begitulah tips bisnis percetakan dari kami, jangan lupa jika ada order datanglah ke kami.
Apapun kebutuhan cetak anda, kami bisa bantu! kami buka 24 JAM, ASLI ! Segera hubungi kami atau langsung datang ke workshop di Jl. Pandegiling 388, Surabaya

Hunting : 031 - 547 2338 | website : www.cahayagrafika.com

No comments:

Post a Comment