Wednesday, June 17, 2015

Tips menyiapkan desain cetak offset




Seringkali konsumen merasa kecewa gara-gara hasil cetakan tidak sesuai dengan yang diinginkan. Ada banyak faktor yang menyebabkan cetakan kualitasnya menjadi buruk, bisa karena faktor perusahaan percetakan yang tidak handal, atau kesalahan konsumen sendiri. Kesalahan konsumen yang paling sering terjadi adalah tidak menyediakan desain (Final Atrwork / FA) dengan baik dan benar. Untuk mengatasi itu, kali ini PabrikOffset.com akan berbagi tips menyiapkan desain cetak offset. Cekidot!
Di tips menyiapkan desain cetak offset ini kami akan paparkan poin-poin apa saja yang perlu Anda perhatikan agar cetakan Anda bisa berkualitas, yaitu:
Berbagi tips menyiapkan desain cetak offset agar hasil cetakan Anda tidak mengecewakan
1.            Resolusi:
Resolusi adalah hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam membuat desain cetakan. Ada hal yang perlu ketahui, perusahaan percetakan biasanya membutuhkan file dengan resolusi minimal 300 dpi (dot per inch). Jadi usahakan desain yang Anda berikan memiliki resolusi diatas 300 dpi. Jika resolusinya dibawah itu, maka jangan salahkan jika hasil cetakan akan menjadi tidak bagus.
2.            Font huruf.
Poin selanjutnya yang tidak boleh Anda lupakan adalah font huruf. Saat Anda membuat FA, usahakan untuk mengubah text (tulisan) dari font menjadi bitmap, path, atau vektor. Kenapa? Ini penting untuk menghindari font berubah ketika dicetak. Sebab tidak semua komputer yang ada di perusahaan cetak memiliki jenis font yang sama dengan desain Anda.
3.            Area aman.
Poin selanjutnya dari tips menyiapkan desain cetak offset adalah memperhatikan area aman. Apa itu area aman? Area aman (safety) adalah batas area aman untuk meletakan layout desain yang ingin konsumen tampilkan pada hasil cetakannya.
4.            Area potong.
Poin yang juga perlu konsumen perhatikan adalah area potong (trim) dari Final Artwork. Area potong merupakan area diluar area cetak (biasanya sepanjang 2 – 3 mm) yang nantinya akan terbuang jika hasil cetakan telah dipotong sesuai dengan garis potong.
5.            Bleed
Bleed adalah gambar yang terpotong diluar area aman (dengan ukuran 3 – 5 mm keliling). Jadi usahakan agar desain Anda tidak berada dalam area ini, karena nanti akan terbuang. Saran kami, beri jarak sekitar 6 mm dari garis potong sehingga desain Anda akan tetep aman. Sebab, meski perusahaan cetak menggunakan mesin potong yang tingkat akurasinya tinggi, tapi itu tidak menjamin hasil potongan akan 100% sesuai dengan garis potong.
Apapun kebutuhan cetak anda, kami bisa bantu! kami buka 24 JAM, ASLI ! Segera hubungi kami atau langsung datang ke workshop di Jl. Pandegiling 388, Surabaya

Hunting : 
031 - 547 2338 | website : www.cahayagrafika.com

No comments:

Post a Comment