Wednesday, June 17, 2015

Macam-macam finishing cetak offset





Dalam proses cetak, salah satu faktor yang membuat tampilan cetakan menjadi lebih bagus adalah proses finishing. Jika sebuah percetakan memiliki sumber daya yang handal dalam hal finishing, maka cetakan yang dihasilkan benar-benar berkualitas. Namun, mana finishing cetak offset yang paling cocok untuk konsumen? Hari ini PabrikOffset.com akan memberi info tentang beragam finishing yang biasa dilakukan. Info ini untuk membantu konsumen memilih mana finishing yang sesuai dengan cetakan yang diinginkannya. Silahkan disimak!
Ini contoh finishing cetak offset dengan teknik laminasi doff
Finishing cetak offset yang pertama adalah laminasi. Laminasi adalah teknik finishing dimana kertas dilapisi dengan plastik tipis. Ada beberapa contoh teknik laminasi, seperti laminasi glossy, laminasi doff, laminasi window, dll.
Contoh finishing cetak offset dengan teknik UV atau Pernish
Teknik finishing selanjutnya adalah pernish atau UV. Teknik ini digunakan untuk menimbulkan efek yang sama dengan laminasi, akan tetapi bahan yang digunakan berbeda, jika laminasi menggunakan plastik, maka UV menggunakan cairan khusus.
Contoh finishing cetak offset dengan teknik Spot UV
Metode finishing lainnya yang juga sering digunakan percetakan offset adalah Spot UV. Sebenarnya hampir sama dengan pernish dan UV, hanya yang dilapis adalah bagin cetakan tertentu saja.
Finishing cetak offset yang selanjutnya adalah penjilidan. Penjilidan adalah teknik yang digunakan untuk melindungi sebuah naskah agar tidak mudah rusak. Penjildan sendiri ada beberapa macam, yaitu:
Contoh finishing cetak offset dengan teknik penjilidan spiral
             Jilid Lem Panas / Bending : Penjilidan naskah (buku, majalah, katalog) dengan menggunakan lem yang dipanaskan
             Jilid Spiral : Penjilidan dengan menggunakan spiral kawat, biasa digunakan untuk buku, kalender, katalog, dll
             Jahit Kawat / Staples : Penjilidan naskah yang menggunakan kawat atau Staples
             Jahit Benang : Proses penjilidan yang menggunakan benang, biasanya digunakan untuk naskah-naskah yang menggunakan hard cover
Apapun kebutuhan cetak anda, kami bisa bantu! kami buka 24 JAM, ASLI ! Segera hubungi kami atau langsung datang ke workshop di Jl. Pandegiling 388, Surabaya

Hunting : 
031 - 547 2338 | website : www.cahayagrafika.com

No comments:

Post a Comment