Monday, June 15, 2015

Apa itu teknologi CTP cetak offset?





Perkembangan teknologi percetakan offset semakin cepat. Salah satu teknologi baru yang muncul adalah teknologi CTP cetak offset. CTP (Computer-To-Plate), teknik ini dipakai pada proses prepress yaitu proses pencetakan/print dengan cara digital pada lembaran plat untuk keperluan pada mesin cetak offset.
Mesin CTP semakin banyak ditemukan pada industri percetakan termasuk kami, mesin ini menggeser teknologi Computer to Film yang telah lama digunakan. Sesuai dengan namanya Computer to plate, proses pembuatannya melalui file digital langsung mereproduksi image dan text ke plat cetak. Hasilnya akan sama persis sesuai data file.
Teknologi CTP lebih efisien dibanding dengan teknologi sebelumnya terdahulunya karena hanya membutuhkan satu kali proses saja. Selain itu CTP juga memiliki keunggulan lainnya, antara lain:
1.            Menghemat Biaya. Penggunaan teknologi akan menghemat biaya produksi karena biaya pembelian film dan bahan kimia pengembang bisa dihapuskan.
2.            Mengurangi resiko. Bisa mengurangi resiko kerugian saat memproses film, misal terjadi goresan dalam film atau terjadi variasi dalam ekposur.
3.            Meningkatkan kualitas plat. Teknologi CTP cetak offset mampu menghasilkan titik raster hingga 99% sehingga detail & kualitas cetakan lebih tajam.
4.            Efisiensi waktu. Dengan hanya satu kali proses, CTP mampu memangkas waktu proses cetak plate 50% lebih cepat dibanding dengan Computer to film.
5.            Daya tahan plate yang lebih baik dibanding dengan plate konvensional (menggunakan tinta biasa bisa mencapai 500.000 eks)
Nah, itu tadi penjelasan tentang teknologi CTP cetak offset. Saran kami bagi konsumen, carilah percetakan offset yang sudah menggunakan teknologi-teknologi terbaru, sehingga Anda bisa menghemat waktu, biaya dan dengan kualitas cetak yang berkualitas. Cahaya grafika adalah salah satu percetakan yang telah menggunakan teknologi Computer To Plate. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!
Apapun kebutuhan cetak anda, kami bisa bantu! kami buka 24 JAM, ASLI ! Segera hubungi kami atau langsung datang ke workshop di Jl. Pandegiling 388, Surabaya

Hunting : 
031 - 547 2338 | website : www.cahayagrafika.com


No comments:

Post a Comment