Wednesday, June 17, 2015

Kertas mempengaruhi warna cetak



Banyak faktor yang bisa mempengaruhi hasil cetak, selain mempersiapkan desainada satu hal lagi yang perlu diperhatikan agar hasil cetak bisa semaksimal mungkin dan warna yang cetak yang muncul sesuai keinginan kita, yaitu kertas yang digunakan untuk mencetak. Jika kita salah memilih kertas hal itu akan membuat warna cetak menjadi tidak maksimal. Untuk menghindarinya, kita harus memahami bagaimana karakteristik kertas. Bagaimana mungkin kertas mempengaruhi warna cetak?
Jenis kertas yang berbeda akan menghasilkan warna cetak yang berbeda
Kertas mempengaruhi warna cetak karena beberapa faktor. Apa saja itu?
1.            Jenis kertas
Jenis kertas memang berpengaruh terhadap warna hasil cetakan. Contoh: misal cetakan di kertas Art Paper akan berbeda warnanya ketika dicetak diatas kertas HVS. Tanyakan kepada pihak percetakan, kertas mana yang cocok dengan desain Anda sehingga warna hasil cetak nanti akan lebih maksimal.
2.            Tingkat kecerahan kertas
Mungkin Anda tidak tahu jika tingkat kecerahan atau brightness kertas yang Anda pilih bisa berpengaruh terhadap warna atau kecerahan hasil cetakan. Kenapa itu terjadi? Karena tinta cetak offset biasanya bersifat transparan, sehingga warna yang nanti muncul diatas akan dipengaruhi warna dan tingkat kecerahan warna dasarnya, dalam hal ini kertas yang Anda gunakan.
3.            Daya serap minyak kertas
Hal terakhir yang membuat kertas mempengaruhi warna cetak adalah daya serapnya terhadap minyak. Daya serap minyak suatu kertas sangat menentukan dalam lama atau tidaknya tinta tersebut bisa mengering. Padahal durasi pengeringan tinta sangat berpengaruh dalam menentukan kualitas hasil cetakan. Tinta yang lama mengeringnya bisa menimbulkan set off (penularan lapisan tinta) pada hasil cetakan Anda.
Apapun kebutuhan cetak anda, kami bisa bantu! kami buka 24 JAM, ASLI ! Segera hubungi kami atau langsung datang ke workshop di Jl. Pandegiling 388, Surabaya

Hunting : 
031 - 547 2338 | website : www.cahayagrafika.com

No comments:

Post a Comment