Thursday, June 18, 2015

Mengenal proses cetak offset





Mungkin ada diantara pelanggan percetakan offset yang mengeluh, “kenapa pesananku kok lama ?” Itu adalah hal yang wajar, mengingat mereka membayar untuk mendapatkan layanan yang berkualitas dan cepat. Nah, kali ini ijinkan kami untuk memberi informasi tentang proses cetak offset. Info ini penting bagi konsumen yang ingin mengetahui proses cetak mulai dari nol hingga selesai.
Proses cetak offset dibagi dalam tiga tahap, pra-cetak, cetak, dan finishing. Ini dia penjelasan lebih lengkapnya.
Ini dia salah satu bagian proses cetak offset
Proses Sebelum Cetak
1.            Mempersiapkan desain cetakan via komputer. Pihak percetakan akan mensetting format ukuran cetak dengan ukur kertas, kemudian akan membuat garis potong sesuai dengan ukuran Dilanjutkan dengan setting warna yang digunakan (1 warna, 2 warna atau 4 warna). Jika diperlukan, pihak percetakan akan membuat dummy (contoh).
2.            Menghitung kebutuhan kertas serta jenis cetak yang diinginkan.(HVS, Art Paper, Doorslag, dan lainnya).
3.            Hasil desain yang sudah disetting akan direkam ke sebuah pelat kertas atau aluminium. Pelat inilah yang nantinya akan dipasang di mesin cetak. Untuk mempersingkat waktu beberapa perusahaan cetak telah menggunakan mesin CTP (Computer to Plate).
Proses Pencetakan
1.            Menyiapkan kebutuhan mesin cetak. Pegawai perusahaan offset akan memasang plat cetak yang sudah jadi di mesin cetak. Ia juga akan mempersiapkan bahan kertas dan tinta yang diperlukan selama proses cetak.
2.            Proses cetak dimulai.
Proses Finishing
1.            Menambahkan sentuhan akhir sesuai keinginan konsumen. Seperti laminasi glossy, doff, spot UV atau finishing seperti foil (menambahkan kertas tulisan atau gambar yang mengkilap), embossed (menambahkan kertas tulisan atau gambar yang teksturnya timbul atau tenggelam), laminasi (glossy, doff, window, dll), pons (membentuk cetakan sesuai dengan bentuk yang diinginkan, biasanya digunakan untuk membikin kotak makanan, kotak obat, dus, dll), dll.
2.            Memotong dan merapikan hasil cetakan.
Apapun kebutuhan cetak anda, kami bisa bantu! kami buka 24 JAM, ASLI ! Segera hubungi kami atau langsung datang ke workshop di Jl. Pandegiling 388, Surabaya

Hunting : 
031 - 547 2338 | website : www.cahayagrafika.com

No comments:

Post a Comment