Tuesday, June 16, 2015

Mengenal Warna Spot dalam cetak offset




Dalam cetak offset, warna standar yang sering digunakan adalah Cyan, Magenta, Yellow, Knight / Black, biasa disingkat CMYK. Warna CMYK seringkali disebut sebagai warna proses atau warna standard dalam produksi cetak offset yang menggabungkan warna-warna CMYK tersebut. Lalu, bagaimana jika kita ingin menampilkan warna lain dalam desain cetakan kita? Selain warna dasar, cetak offset juga mengenal Warna Spot atau Warna Spesial. Apa itu Warna Spot?
Warna Spot kadang dibutuhkan, disaat kita membutuhkan warna yang tidak bisa dihasilkan oleh perpaduan warna yang biasa kita gunakan yaitu CMYK.
Warna Spot adalah warna spesial yang ditambahkan karena warna proses tidak bisa memenuhinya. Warna-warna yang biasa menggunakan tinta ini adalah warna pantone, metalik, silver, atau gold. Namun, penggunaan warna khusus ini juga harus disesuaikan dengan kemampuan mesin cetak agar tidak memberatkan sang desainer.
Lalu, apa alasan menggunakan warna khusus atau warna spot? Berikut beberapa alasan menggunakannya          :
             Untuk mendapatkan warna yang tidak bisa didapatkan dengan mengandalkan gamut CMYK, seperti gold, silver, fluorescent.
             Untuk menampilkan brand color atau warna lain yang perlu mendapatkan perhatian khusus dalam desain. Penggunaan Warna Spot dianggap bisa lebih efisien dikarenakan perctekan offset hanya perlu adjust warna sekali saja. Sedangkan untuk warna proses, adjust warna bisa 2 tinta atau lebih. Selain itu, penggunaan Warna Spesial ini untuk menghindari tarik menarik antara brand color dengan warna lainnya.
             Untuk menghindari miss register
             Dengan menggunakan warna khusus ini bisa menghemat jumlah warna. Misal, jika kita menginginkan warna hijau, akan lebih menghemat jumlah warna dengan menggunakan tinta hijau dari pada perpaduan Cyan dan Yellow.
Apapun kebutuhan cetak anda, kami bisa bantu! kami buka 24 JAM, ASLI ! Segera hubungi kami atau langsung datang ke workshop di Jl. Pandegiling 388, Surabaya

Hunting : 
031 - 547 2338 | website : www.cahayagrafika.com

No comments:

Post a Comment