Sunday, June 14, 2015

Cara Kerja Printer 3 Dimensi




Tentu sebagai orang awam saya bingung bagaimana kok bisa printer mencetak barang dalam bentuk nyata atau seutuhnya. Nah, kalau anda juga saya seperti saya bingung dengan cara kerja printer 3 dimensi berikut adalah cuplikan tulisan tentang cara kerja printer 3 dimensi.
Pada dasarnya, cara kerja membuat cetakan 3 dimensi sama saja dengan printer inkjet konvensional dimana printer membuat layer atau lapisan-lapisan cetakan warna untuk membuat sebuah objek terlihat seperti seharusnya. Hanya saja pada printer 3 dimensi yang digunakan bukanlah tinta tetapi plastic molten wax dan material lainnya sehingga menjadi sebuah objek yang diinginkan.
Prinsip utama untuk pencetakan printer 3 dimensi yaitu membutuhkan data yang berbentuk 3 dimensi juga atau yang disebut dengan ‘data digital tiga dimensi’. Dalam dunia keteknikan biasa disebut dengan CAD ( Computer Aided Design ). CAD merupakan aplikasi yang mampu menampilkan data dalam 3 dimensi.
Sebenarnya ada beberapa metode yang digunakan dalam membuat printer 3 dimensi. Metode kerja printer 3 dimensi yang pertama adalah yang menggunakan aplikasi. Cara kerjanya, bahan pengikat yang digunakan pada printer 3 dimensi ini menggunakan bubuk kering yang dipadukan dengan suatu bahan perekat berbentuk cairan. Percampuran ini memungkinkan printer untuk dapat membuat lapisan demi lapisan  hingga menjadi sebuah objek yang nyata.
Metode lainnya adalah dengan menggunakan tekniik photopolymerisasi, dimana cairan plastic inti disorot dengan cahaya ultraviolet yang akhirnya mengeraskan cairan tersebut. Selanjutnya sinar laser yang akan dipancarkan mengarah sesuai dengan objek yang hendak dibuat. Sinar laser tersebut akan meleburkan bagian yang bukan bagian dari objek yang bukan diinginkan.
Cara kerja ini mirip dengan cara kerja para pemahat atau pematung yang menggunakan kayu atau batu gelondongan untuk dipahat menjadi sebuah objek yang diinginkan.
Tentu saja dengan adanya teknologi ini sebuah disain dapat langsung diwujudkan ke dalam bentuk aslinya dengan perantara computer. Bila pada teknologi konvensional manufaktur harus harus melalui proses panjang dan rumit, dengan teknologi ini tidak lagi. Printer 3D memutus mata rantai cetakan yang cenderung lebih rumit. Sebuah benda dapat langsung dibuat satu persatu.
Apapun kebutuhan cetak anda, kami bisa bantu! kami buka 24 JAM, ASLI ! Segera hubungi kami atau langsung datang ke workshop di Jl. Pandegiling 388, Surabaya

Hunting : 
031 - 547 2338 | website : www.cahayagrafika.com

No comments:

Post a Comment