Thursday, June 18, 2015

Macam-macam cara laminasi kertas dalam cetak offset





Semua pelanggan pasti ingin hasil yang terbaik saat melakukan order ke perusahaan percetakan. Salah satu layanan yang ditawarkan oleh percetakan adalah laminasi. Apa itu laminasi?
Laminasi kertas dalam cetak offset adalah sebuah teknik melapisi kertas dengan bahan tertentu demi menciptakan corak yang lebih elegan dan eksklusif. Namun, perlu pelanggan ketahui, tidak semua kertas bisa dilaminasi. Umumnya kertas dengan permukaan licin, seperti Ivory, ArtPaper, Mattpaper, dll yang bisa dilaminasi.
Jenis-jenis laminasi di perusahaan Offset
Laminasi bisa dibagi menjadi beberapa macam jenis, antara lain:
Contoh laminasi kertas dalam cetak offset jenis Doff
1. Laminasi Doff. Laminasi kertas dalam cetak offset jenis ini karakternya tidak mengkilap, meskipun demikian tetap akan memberikan kesan eksklusif dibandingkan cetakan yang tidak dilaminasi. Undangan pernikahan, cover buku, majalah, dan leafleat adalah beberapa contoh cetakan yang biasa menggunakan laminasi doff.
2. Laminasi Glossy. Laminasi offset jenis ini memiliki karakter mengkilap dan permukaan cetakan yang dilaminasi akan menjadi lebih licin. Laminasi Glossy biasa dipakai untuk berbagai cetakan seperti brosur, leafleat, poster, undangan non pernikahan, dll.
3. Laminasi Spot Uvi. Laminasi kertas dalam cetak offset jenis ini memiliki karakter hampir sama dengan glossy, yaitu mengkilap. Perbedaannya, jika glossy melapisi seluruh permukaan cetakan, maka laminasi ini hanya melapisi sebagian cetakan. Laminasi spot Uvi bisa dikombinasikan dengan laminasi lainnya misalnya doff, contohnya undangan pernikahan yang ada foto pre wedding, hanya pada bagian foto saja yang dilapisi laminasi Spot Uvi, sedangkan bagian lain bisa menggunakan laminasi Doff.
4. Laminasi Window. Laminasi offset jenis ini biasa digunakan untuk membuat jendela dalam sebuah kemasan dengan karakter mengkilap. Tujuan pelanggan menggunakan laminasi ini agar barang yang dikemas bisa terlihat dari luar tanpa perlu membuka kemasan. Jadi tidak heran jika laminasi window biasa digunakan untuk pembuatan kotak roti atau cake.
5. Varnish Uvi. Banyak yang berpendapat kalau Varnish Uvi tidak bisa dimasukkan sebagai laminasi sebab cetakan tidak dibungkus dengan lapisan plastik seperti jenis laminasi lainnya. Namun untuk sakadar Anda tahu, metode Varnish Uvi menggunakan cara menyemprotkan cairan tertentu ke sebuah cetakan untuk menimbulkan corak dan karakter seperti glossy. Bagi mereka yang awam, agak sulit membedakan antara laminasi glossy dengan Varnish Uvi. Namun Varnish Uvi tidak seawet Glossy karena tidak melindungi hasil cetakan dengan sempurna.
Apapun kebutuhan cetak anda, kami bisa bantu! kami buka 24 JAM, ASLI ! Segera hubungi kami atau langsung datang ke workshop di Jl. Pandegiling 388, Surabaya

Hunting : 
031 - 547 2338 | website : www.cahayagrafika.com

No comments:

Post a Comment