Monday, June 15, 2015

Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil cetak offset




Semua orang pasti ingin hasil cetakan yang berkualitas baik, ketika mereka datang ke perusahaan percetakan. Sayangnya, tidak semua keinginan itu bisa dipenuhi. Kadang-kadang pelanggan merasa kecewa karena hasil cetakan tidak sesuai dengan apa yang di inginkan. Pertanyaannya, apakah hal itu tidak bisa diatasi? Tentu saja bisa, asalkan konsumen dan perusahaan percetakan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi hasil cetak offset. Apakah faktor-faktor yang berpengaruh? Berikut informasinya.
Faktor yang berpengaruh terhadap hasil cetak offset adalah, yang pertama adalah ketebalan lapisan tinta pada acuan. Konsumen perlu tahu jika semakin tebal tinta pada acuan cetak, maka akan semakin banyak aliran tinta ke bahan cetak. Hal ini tentu akan berpengaruh pada ketajaman warna hasil cetakan Anda.
Konsumen perlu tahu faktor apa saja yang berpengaruh pada hasil cetak offset?
Faktor yang berpengaruh pada kualitas hasil cetak selanjutnya yang tidak kalah penting adalah halus atau tidaknya permukaan bahan cetak (kertas). Semakin halus permukaan kertas yang digunakan, maka hasil cetak bisa semakin bagus.
Hal lain yang juga berpengaruh pada hasil cetak adalah adhesi antara permukaan bahan cetak dan tinta yang digunakan. Yang perlu Anda tahu, tidak semua tinta cocok dengan kertas yang Anda gunakan untuk mencetak. Jika tidak cocok, maka hasilnya tidak akan bagus. Contoh, jenis kertas berlapis, meski dicetak dengan lapisan tinta yang tebal, hasil cetakan tidak akan merata jika tidak disesuaikan adhesinya. Tanyakan kepada perusahaan percetakan mana jenis kertas dan tinta yang cocok yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Faktor yang mempengaruhi hasil cetak offset keempat adalah tekanan cetak. Anda perlu tahu jika semakin besar tekanan cetak saat proses cetak, maka hasil cetakan akan terlihat lebih tebal atau gemuk. Idealnya, tekanan cetak adalah sebesar 0,10 mm. Tapi untuk kertas dengan permukaan yang kasar, maka tekanan cetaknya harus diperbesar agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Faktor yang mempengaruhi hasil cetak offset yang terakhir adalah sifat tinta. Ada 5 sifat tinta yang perlu Anda perhatikan, yaitu:
             Viscositas atau sifat kekentalan tinta. Dapat diukur dengan alat bernama viscometer dan biasanya menggunakan satuan centi poise (cp)
             Flow atau daya alir tinta. Anda harus memperhatikan apakah daya alir tinta dari bak ke kertas baik atau tidak?
             Tackness atau kelengketan tinta. Sifat daya tarik tinta terhadap permukaan kertas hingga perpindahan tinta ke permukaan kertas. Kelengketan tinta bisa diukur dengan alat yang dinamakan inko meter. Namun perlu diingat, jenis kertas dan kecepatan mesin cetak offset juga bisa mempengaruhi kelengkatan tinta.
             Tiksotripi atau sifat alir tinta. Apakah tinta yang digunakan tersebut akan mengalir jika terkena gerakan dan berhenti saat gerakan tersebut juga berhenti?
Apapun kebutuhan cetak anda, kami bisa bantu! kami buka 24 JAM, ASLI ! Segera hubungi kami atau langsung datang ke workshop di Jl. Pandegiling 388, Surabaya

Hunting : 
031 - 547 2338 | website : www.cahayagrafika.com

No comments:

Post a Comment