Monday, June 15, 2015

RGB, CMYK dan Dunia Cetak

http://www.pixelsham.com/wp-content/uploads/2012/08/CMYK-RGB.jpg


Pernah nge-print? Pernah merasa dikecewakan mas-mas operator gara-gara hasil cetak tidak sesuai dengan hasil digital yang anda buat? Salah satu permasalahan seorang desainer grafis. Ketika dunia produksi dihadapkan dengan dunia desain. Jangan ditanyakan kemahiran seorang desainer dalam penguasaan tool & ilmu desainnya, pasti jago! Tapi, jika kurang pengetahuan di dunia produksi? Ini berakibat hasil akhir desain anda menjadi kurang maksimal. Warna. Masalah yang seringkali terjadi. dan itu fatal.

2 Model warna yang biasanya kita terapkan, RGB dan CMYK. Karena 2 hal inilah yang kemudian menjadi penyebab seringnya terjadi salah hasil cetak karena warna yang tidak sesuai.

" Warna RGB adalah model warna additive yang bertujuan sebagai penginderaan dan presentasi gambar dalam tampilan visual pada peralatan elektronik seperti komputer, televisi dan fotografi. Warna RGB difungsikan untuk tampilan di monitor komputer karena warna latar belakang komputer adalah hitam. Jadi, R = Red (merah) G= Green (hijau) dan B = Blue (biru) sebagai warna dasar difungsikan untuk berbagi intensitas cahaya untuk mencerahkan warna latar belakang yang gelap (hitam). "

" Sedangkan CMYK adalah warna yang dikenal dalam proses printing dan percetakan. Terdiri dari C = Cyan, M = Magenta, Y = Yellow, dan K = Black. Warna CMYK digunakan untuk tampil seimbang dengan latar belakang putih dari bahan cetak seperti kertas dan lain-lain. "

Biasanya di software desain grafis akan ada option yang memberi kita pilihan untuk memilih 2 model warna tersebut RGB atau CMYK. Walaupun, dalam kasus tertentu seperti misalnya Photoshop jika mengaktifkan CMYK ada beberapa fungsi yang secara otomatis langsung tidak aktif. Option model warna ini biasanya muncul ketika kita akan membuat dokumen baru. Tapi, jika terlanjur memilih salah satu model warna tersebut, dan ingin mengganti mode nya, kita bisa mengkonversi model warna tersebut.

Nah, pengetahuan produksi itu penting loh! jangan sampai salah memilih percetakan. Selamat mencetak!


Apapun kebutuhan cetak anda, kami bisa bantu! kami buka 24 JAM, ASLI ! Segera hubungi kami atau langsung datang ke workshop di Jl. Pandegiling 388, Surabaya

Hunting :
031 – 5472338 | 085733528281 | BBM 5424667A

No comments:

Post a Comment