Tuesday, June 16, 2015

Faktor yang mempengaruhi penggunaan tinta cetak offset



Tinta menjadi salah satu faktor penting dalam usaha percetakan. Penggunaan yang salah tidak hanya membuat biaya produksi menjadi membengkak, tapi juga hasil yang tidak maksimal. Khusus untuk konsumsi tinta, Anda harus memperhatikan beberapa hal yang bisa mempengaruhinya. Nah, kali ini PabrikOffset.com akan berbagi info tentang faktor yang mempengaruhi penggunaan tinta cetak offset.
Ini dia beberapa faktor yang mempengaruhi penggunaan tinta cetak offset
Faktor yang mempengaruhi penggunaan tinta cetak offset yang pertama adalah ketebalan cetak. Tidak bisa dipungkiri, ketebalan cetak sangat berpengaruh dengan konsumsi tinta oleh mesin. Semakin tebal cetakan, maka semakin banyak yang dikonsumsi.
Hal selanjutnya yang juga mempengaruhi konsumsi tinta adalah kualitas tinta yang digunakan. Penggunaan tinta yang jelek akan berpengaruh pada ketebalan cetak. Artinya semakin jelek kualitas tinta, maka ketebalan cetak akan meningkat, otomatis konsumsi tinta akan berlebih.
Hal lainnya yang juga perlu diperhatikan dalam konsumsi tinta adalah bahan pembuat tinta. Tinta dibuat dari bahan organik dan anorganik. Tinta dengan bahan anorganik bisa saja harganya lebih murah. Akan tetapi efeknya adalah konsumsi tinta akan semakin meningkat. Sedangkan tinta berbahan organik sebaliknya.
Faktor yang mempengaruhi penggunaan tinta cetak offset lainnya adalah titik jenuh tinta. Ingat, setiap warna itu memiliki titik jenuhnya. Sehingga, seberapa tebal pun kita berusaha mencetaknya demi mendapatkan warna yang kita inginkan menjadi lebih tua atau tajam, hal tersebut tidak akan bisa.
Faktor terakhir yang bisa berpengaruh dalam konsumsi tinta adalah air pembasah. Semakin buruk air pembasah yang digunakan, semakin boros penggunaan tintanya. Hal ini karena air pembasah dengan kualitas yang jelek akan membuat skala pembukaan air menjadi lebih besar. Ini berakibat tinta lebih mudah terlarut sehingga penggunaan tinta meningkat.
Apapun kebutuhan cetak anda, kami bisa bantu! kami buka 24 JAM, ASLI ! Segera hubungi kami atau langsung datang ke workshop di Jl. Pandegiling 388, Surabaya

Hunting : 
031 - 547 2338 | website : www.cahayagrafika.com

No comments:

Post a Comment